44 Comments Add Yours

  1. hyva

    Keren Om,
    Yang diatas cuma motif ukiran?
    Dibikin tenunan juga ya?

    Reply
  2. Nate_O'niel

    /hyva/

    iya, motif di atas juga diaplikasikan ke tenunan kok. paling tidak di sablon (he..he..). karena semakin sulit untuk mendapatkan orang yang bisa menenun di toraja.

    Reply
    • joy

      iya,, seperti yang kita lihat di Sa`dan,,, tidak ada yang bisa melanjutkannya karena yang bekerja (Tenun) hanya orang tua ,..

  3. Riana Andan Reski

    Nate, indah-indah ya motifnya
    Cuma familiar saja, soalnya beberapa motif gak jauh beda sama motif batik yg dijual di pasar2,
    seperti Paqsalaqbiq Ditoqmokki (alamak susahna di baca kodonge), Paqsiborongan (hahh)
    Kalo orang yang tidak jeli,,, pasti nyangka ini motif batik!
    Bedanya ya, yang satu di katun yang satunya di pahat
    Tapi kalo diperhatikan lebih dalem, beda banget sih, lebih ceria dan berwarni. Motif motif ini lebih mirip dengan tenun-pahat orang Batak. Nah lo, satu nenek moyang sih.

    Reply
  4. indojepang

    kayaknya masih banyak lagi yg belum ada disini..

    Reply
  5. ger

    Bro…dimana saya bisa dapet gambar2 motif hi-res seperti ini. Saya perlu untuk referensi ukiran motif2 nusantara
    Thanks b4

    Reply
  6. Nate_O'niel

    oh… kalau mau hunbungi gw ajha…
    ntar gw kirimin filenya
    nataniel.depo@yahoo.com

    Reply
  7. nova

    Lam kenal……..

    Bisa aku dikirimin gambar jenis-jenis ukiran Toraja?

    Thanks b4

    Reply
  8. NAPI TODING

    TORAJA FANTASTIC,BEAUTIFUL…………

    Reply
  9. dan mendila

    Yang mana ukiran buat bangsawan n yang mana untuk rakyat biasa?

    Reply
  10. antek

    wah..ada yang lengkap dengan penjelasan tiap ukiran ngk..?? maksud saya dengan makna yg terkandung dari tiap ukiran.. trima kasih

    Reply
    • Nate_O'niel

      dan mendila : hm… saya juga kurang tahu yah, tapi satu yg saya tahu.. untuk bangsawan, apabila dia meninggal, maka petinya akan berbentuk bundar ( tabung ) dan di ujungnya ( alas/tutup ) akan terdapat ukiran matahari.

      antek : saya pernah punya bukunya yg berisi keterangan lengkap, tapi lupa taroh dimana… maaf yah

  11. nadia

    sangat bagus ukiran2 toraja nya

    Reply
    • Nate_O'niel

      nadia..
      iya ukirannya bagus-bagus..apalagi kalau sudah di ukir di Tongkonan (rumah adat suku Toraja)

  12. evan

    oh. saya punya buku yang mengulas tentang ukiran-ukiran ini lengkap dengan makna-nya masing2 dalam 2 bahasa (ind-eng). bagian yang kurang menurut saya (tdk di tampilkan di atas) yaitu Ukiran-ukiran gambar mengenai hewan2. seperti ayam, babi, itik, dan kerbau. itu juga ada artinya.. btw nice post!

    Reply
    • Nate_O'niel

      evan..
      judul bukunya apa? Kalau mau nambahin kirim ke email saya aja.. he..he..

  13. Alpius

    Salama’
    Teman-teman yang punya dokumen2 ukiran-ukiran toraja lengkap dengan makna2nya, kiranya berkenan berbagi info….kami di Kalteng sedang mendesign kalender yang memuat ukiran2 toraja, kada peada, dll, terkait toraja. Kurre.

    Reply
  14. om ben

    kereen bos,
    kebetulan lg nyari2 ukiran toraja bt cover buku

    Reply
    • Nate_O'niel

      om_ben
      semoga bisa membantu .. ^_^

  15. cici

    oim..kalo boleh tau perbedaan nya dengan ukiran mamasa apa Om????

    Reply
    • Nate_O'niel

      cici
      setau saya ukirannya mirip, scara nenek moyang mamasa kan dari toraja juga..

  16. sandy palanda

    klo bisa dipatenkan secara internasional dl nanti kecuri lg deh

    Reply
    • Nate_O'niel

      setuju…. ntar diklaim malaysia lagi.. ^^

  17. roxanne

    minta arti.a dong tiap” ukiran…..
    soal.a penting bnget buat tugas akhir aq…
    dkirim k email aq y ^^

    hyangi10@yahoo.com

    thx b4,,,,, :)

    Reply
    • Nate_O'niel

      ntar yah saya cari… :D

  18. kha_kha

    tolong dunk kak…
    cariin tentang motif” ukiran toraja,, yg lebih rinci lagy…
    please kak..
    buad bikin tugas ne..
    kalo adha,, tlg kirim k msage FB q ea kak??
    FB q Chiyka Chyk…
    thanks b4…

    Reply
  19. tromol

    Biasa aja kalllee…

    Reply
    • Nate_O'niel

      siapa yag bilang luar biasa? -___-

  20. endang wilujeng

    semua itu sungguh indah dan sangat luar biasa……..coba setiap ukiran ada disertakan artinya juga……karna pasti setiap keindahan ukiran itu ada historynya…..

    Reply
  21. wiwi indradewi

    kak saya boleh ga minta rincian ukir-ukiran ini..
    arti masing-masing ukiran soalnya saya pelu skli buat tugas skripsi kak… saya butuh data lengkap..
    klo ada bisa bagi infonya..ke email sya saja
    di
    wiwi_wiwiQ@hotmail.com

    terima kasih banyak =)

    Reply
  22. niel marthen

    cuantil-cuantik yah..

    Reply
  23. Novasanti

    minta saran donk, apakah tau ukiran2 apa yang cocok untuk undangan di pernikahan. salama’

    Reply
    • nate

      biasanya sih pake pa’tedong.. :)
      mau merid yah?

  24. angga

    den tugas ki daka’ 5 bang ukiran traya sola artinna pa tae’ pa ku appa’ i ahhggg…huffttt…memperlongko’ batang kale lu ya te buguru ehh..na be tarruk ki yah tugas

    Reply
  25. baam

    tolong dong kalau bisa di kirimkan gambar ukiran toraja seperti di atas tapi yang terpisah-pisah.

    Reply
  26. sesa

    gambar yg di_download dari link di atas tidak bisa terbaca, apa ada alternatif lain? saya butuh untuk tugas akhir tentang Toraja. terima kasih :)

    Reply
    • nate

      sudah diekstrak file rarnya?
      harusnya bisa sih..

    • sesa

      sudah, tp tetap tidak bisa terbaca. sudah saya coba berkali-kali :(

Leave a comment